Senin, 15 Maret 2010

Lampu Hemat Energi Pantura

Sepanjang jalan selama di Pantura saya melihat lampu - lampu yang menggunakan energi Matahari. Menurut saya ini baru benar - benar lampu hemat energi, karena energi yang dipakai adalah energi matahari yang di serap selama siang hari. Dan akan aktif sewaktu sore sampai pagi hari.
Saya pernah melihat sebuah artikel sekitar tahun 2008 lalu. Saya memang belum tahu kebenaran data tersebut. Tapi sempat berfikir luar biasa. Untuk area Jakarta saja, listrik yang dipakai di area jakarta untuk menerangi jalan saja biaya perbulan nya sampai nilai M / milyard. Bayangkan jika semua lampu jalan menggunakan lampu sinar surya. Berapa milyard yang dapat kita hemat.

Memang luar biasa lampu ini. Memang investasi awal pasti lebih mahal daripada investasi dengan lampu biasa dengan penerangan dari listrik PLN. Tapi menurut saya ini lebih baik daripada kita memboros energi.



Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar