Sabtu, 26 Maret 2011

Microblog VS Macroblog Versi Saya


Sekilas saja saya berfikir mengenai kebiasaan saya melakukan blog. Baik versi micro maupun macro. Dalam kesempatan ini saya ingin membuat kelompok kecil saja. Yang saya maksud micro adalah Twiiter sedangkan untuk macro adalah blog ini.
Sebelumnya kenalan dulu dengan Mikroblog. Menurut Wikipedia, “Mikroblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut”. Dan dari pengertian itu Twiiter termasuk ke dalam microblog.
Sampai saat ini saya masih melakukan keduanya. Baik miroblog maupun macroblog. Karena saya percaya, dengan membagi ilmu dan pengalaman saya bisa mendapatkan ilmu lebih dari apa yang sudah saya berikan.
Berikut ini adalah kelemahan dan kelebihan dari kedua nya :
Microblog (Twiiter) :
  1. Sangat informative, karena dapat dilakukan secara spontan tidak lama dari kita mendapatkan informasi.
  2. Sudah banyak device penunjang microblog. Dengan aplikasi yang cukup mudah di dapat.
  3. Microblog terbatas dan aturan internasional hanya 200 chart.Sedangkan untuk Twitter hanya 160 Chart, walau sudah banyak apps untuk twit panjang tapi kadang tetap saja tidak terpakai.
Macroblog (blogspot) :
  1. Bisa menguraikan panjang lebar mengenai apa yang disampaikan. Sehingga bisa dikurangi kesalah pahaman akan teks yang terbatas.
  2. Sangat sulit mencari follower setelah sekitar tahun 2010
  3. Sangat sulit mencari device beserta apps yang cocok untuk melakukan blogging.
Tapi keduanya banyak kesamaan. Termasuk sama – sama bisa berbahaya jika kita tidak memiliki filter akan berita yang di berikan.


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar