Rabu, 06 April 2011

Email Server Era Baru Dengan Zimbra

Untuk beberapa perusahaan yang masih berpegang teguh menggunakan jasa seorang IT Administrator dan tidak menggunakan jasa Cloud internet pasti mengambil keputusan untuk membuat sebuah Email Server sendiri dengan dedicated koneksi yang ada di perusahaan nya. Hal ini memang cukup murah jika memang fasilitas internet dedicated dan backup listrik selalu ada di perusahaan tersebut.

Beberapa tahun yang lalu sekitar di akhir tahun 90an dunia IT dengan Mail server diramaikan dengan aplikasi software - software mail server under Linux seperti Sendmail, Postfix, Dovecot, Qmail sampai perkembangan nya ke arah Qmailrock maupun Qmailtoaster. Saya sendiri dulu adalah penggemar Qmailtoaster dengan fitur - fitur yang sangat canggih dengan fitur statistik yang sangat menarik.

Tapi sekarang ini ada aplikasi yang sangat canggih dan untuk open source comunity alias free fitur nya sangat lengkap sekali.Nama aplikasi tersebut adalah Zimbra. Di aplikasi Zimbra ini tidak hanya memberikan addresss atau calender untuk para pemakai tapi juga memberikan briefcase untuk saling share dokumen yang ada. Selain itu yang baru adalah terdapat fitur social untuk menambahkan account facebook maupun twitter kita kedalam webmail yang ada seperti layaknya twitdeck.

Fitur - fitur utama yang ada di Qmailtoaster ada di Zimbra seperti multidomain, mailist dan lain - lain. Sedangkan untuk webmailnya sangat flexibel. Sehingga pemakai bisa memilih webmail apa yang akan dipakai. Karena di login webmail tersebut bisa di pilih seperti : ajax, html atau mobile. Sehingga kita dapat pilihan yang baik untuk device yang kita pakai untuk melakukan webmail tersebut.

Jadi apakah Anda butuh sebuah Email Server untuk perusahaan Anda ?? Banyak solusi untuk membuat Anda dan karyawan ke kantor terkoneksi dengan teknology yang ada sekarang ini.


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar