Senin, 18 April 2011

Cara Aneh Membetulkan Hardisk Rusak

Beberapa waktu yang lalu saya sempat bertemu teman lama yang memang kerjanya sehari - hari berhubungan dengan hardware komputer. Dan setelah lama berbicara kita membahas mengenai hardisk. Saya bilang banyak hardisk di kantor saya yang sudah tidak bisa di detect lagi oleh BIOS.

Tiba - tiba saja dia bilang. Coba masukkan ke pendingin alias freezer. Cukup kaget saya mendengar nya. Bukan nya perangkat keras seperti hardisk akan rusak jika dimasukkan ke dalam freezer ?? akhirnya dia memberitahu tahapan nya, yaitu :
  1. Bersihkan hardisk dari debu dan kotoran lain nya dengan lembut.
  2. Masukkan hardisk yang sudah tidak bisa di detect tersebut kedalam plastik atau media yang kedap.
  3. Masukkan ke dalam freezer selama 1 atau 2 malam.
  4. Setelah itu keluarkan dari freezer dan buka plastik atau media kedap tersebut, biarkan selama 2 hari (Jangan langsung dipakai atau di keringkan paksa menggunakan vacum atau pengering rambut karena komponen nya akan rusak).
  5. Setelah coba di komputer, semoga hardisk itu masih bisa dipakai :)
Setelah saya coba, dari beberapa hardisk yang ada. Lumayan juga, ada 4 unit hardisk yang masih bisa dipakai dan berjalan normal. Penasaran ?? coba saja.. mungkin Anda beruntung.


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar