Senin, 21 Maret 2011

Kredit Rumah

Menurut saya ini adalah pengalaman hidup buat saya dan istri saya. Apa saja yang terjadi sewaktu melakukan pembelian rumah dengan cara Cicil atau KPR. Hal ini saya sharing untuk bisa di ketahui oleh banyak orang yang akan melakukan pembelian rumah. Bukan sok tahu tapi mungkin hal ini bisa bermanfaat saja.

Ada beberapa point yang saya dapat dalam membeli rumah yang harus di awasi oleh pembeli. Maksud saya adalah berhati - hati saat membeli. Karena indahnya promosi dan detail nya rincian harga yang ada di brosur - brosur yang ada belum tentu seindah apa yang kita pikirkan.

Beberapa hal tersebut adalah :
  1. Pemasaran pasti tidak menawarkan type rumah yang kecil-kecil seperti yang kita inginkan padahal type tersebut masih ada dan siap untuk dipasarkan. Hal ini sering terjadi dilakukan oleh pihak pemasaran. Karena jika kita deal maka akan ada proses KPR dan ada kemungkinan besar plafon KPR kita akan diturunkan. Dari situ pemasaran tidak mau kehilangan pembeli. Sehingga pemasaran akan menawarkan type yang lebih kecil dari yang kita beli.
  2. Jika plafon kita di turunkan. Kita memiliki hak untuk Banding KPR yang kita ajukan. Biasanya Bank akan memberikan beberapa syarat yang di perlukan untuk Banding.
  3. DP di cicil beberapa kali, hati - hati jika ada perumahan yang memberikan cicilan. Karena biasanya jika proses KPR sudah dimulai dan approve. Maka kita hanya dikasih waktu beberapa hari untuk melakukan proses akad KPR tersebut. Tanpa memperdulikan cicilan DP kita masih ada beberapa kali lagi.
  4. Untuk tips pihak Bank (Team Analis KPR), pikirkan matang - matang. Seharusnya kita yang punya kendali. Karena penghasilan kita selama bertahun - tahun akan berputar di Bank tersebut. Bukan berarti kita meminta dan memohon untuk di approve. Tapi kita yang pegang kendali untuk KPR tersebut. Jadi menurut saya tidak sama dengan pinjam uang seperti biasanya.
  5. Sebelum melakukan proses KPR, lebih baik tutup Kartu Kredit jika anda memiliki. Karena ini akan menggangu proses analis KPR hingga proses pencicilan nantinya.
  6. Hati - hati jika ada tulisan promo bebas biaya KPR. Karena biasanya di bebani di tempat lain. Mungkin lebih baik kemudahan di awal. Seperti disc DP atau bunga fix beberapa tahun.
  7. Check jalur air dan listrik rumah yang akan di beli. Karena biasanya kedua hal tersebut tidak detail di brosur yang ada.
  8. Sisakan budget Anda untuk melakukan hal - hal yang akan di lakukan nanti seperti : Pindahan, renovasi yang urgent seperti pasang tralis dll
Semoga beberapa point tersebut bisa menjadi referensi untuk kita semua.


Bookmark and Share

2 komentar: