Rabu, 04 Mei 2011

Tips Memilih Firewall

Beberapa hari lalu saya mencari tahu mengenai Firewall. Firewall ini adalah sebuah perangkat baik berupa hardware atau ada yang berupa sofgtware yang ditanamkan kedalam CPU atau device lain nya untuk keperluan menjaga sebuah network yang terhubung ke internet. Pengamanan ini bisa dilakukan dari sisi dalam maupun dari sisi luar juga.

Banyak sekali brand yang di berikan di pasaran yang ada sekarang ini. Dulu sewaktu tahun 2000, saya menghandle firewall bermerk fireguard. Luar biasa mahalnya. Dan setelah beberapa tahun saya menggunakan salah satu firewall gratisan yang pada tahun 2003 saya download. Akhirnya saya putuskan sudah waktunya saya menggunakan sebuah firewall yang berbayar dengan fitur - fitur yang lebih canggih.

Memang banyak merk firewall dengan fitur yang sangat banyak. Dari Sonicwall, Astaro Security Gateway (ASG) , Cyberoam dan banyak lagi, sampai sekelas mikrotik yang tidak sampai Rp.1 juta harganya bisa digunakan untuk menjadi Firewall Tapi setelah di saya pelajari berikut ini adalah tips untuk memilih sebuah firewall, yaitu :
  1. Pilih sesuai kebutuhan kita, jika hanya menggunakan fitur Parent Control (Block URL) sepertinya bisa menggunakan firewall yang ada di modem atau Router kecil yang diberikan ISP.
  2. Untuk SOHO bisa menggunakan firewall dengan fitur - fitur sederhana, seperti mikrotik atau menggunakan personal firewall di setiap PC.
  3. Untuk Middle, bisa menggunakan software firewall atau perangkat firewall yang tidak terlalu mahal dan carilah firewall yang bisa melakukan rules baik URL , Service port maupun IP.
  4. Untuk Enterprice, carilah firewall yang cukup tangguh baik permit, masqurade, apps, qos, throughput, antivirus gateway, mail gateway dan after sales dari produk tersebut.
Untuk yang menggunakan perangkat firewall biasanya terdapat storage untuk  menyimpan log transaksi. Pastikan tidak menggunakan hardisk. Karena perputaran hardisk tersebut akan memiliki umur yang sangat pendek dibandingkan jika tidak menggunakan  hardisk.

Tapi dari itu semua, kita kembali ke fitur - fitur apa yang dibutuhkan. Karena mayoritas harga dari firewall ini tidaklah murah.


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar