Senin, 02 Mei 2011

Belajar PABX

Beberapa hari yang lalu saya mempelajari fitur - fitur PABX yang ada di mesin PABX merk NEC. Di artikel ini tidak akan dibahas detail mengenai perangkat ini. Tapi setelah saya bandingkan dengan beberapa merk yang lain memang pada dasarnya sama saja.

PABX sekarang ini seharusnya sudah bisa di sebut sebagai communication device. Karena cakupan nya sudah sangat luas sekali. PABX sekarang ini bisa menggabungkan beberapa fitur voice seperti :
  1. Analog
  2. Digital
  3. Voip
  4. SIP
Dari sisi maintenance sekarang juga sangat sederhana. Karena sudah hampir semua PABX menggunakan GUI atau web base untuk setting nya dan sangat user friendly. Selain fitur - fitur lama yang sudah ada perkembangan report-report yang ada juga semakin bagus. Dan aplikasi-aplikasi add on seperti budgetting dan billing juga sangat menarik. Tapi yang paling terasa berbeda PABX sekarang dan dulu adalah fitur atau modular IP PBX. Jadi pesawat telp bisa dipasang IP, sehingga tidak perlu perubahan kabel lagi jika terjadi pemindahan extention. Tapi cukup membawa pesawat telp ke lokasi baru. Maka extention tersebut terbawa juga. Selain itu fitur ISDN juga sangat memudahkan pembuatan call center atau hotline. Karena 1 extention bisa dijadikan 1 direct PSTN. Jadi untuk lokasi gedung yang banyak perusahaan bisa dibuat alokasi dan pemantauan yang lebih mudah.

Tapi itu semua tergantung dari kebutuhan kita semua. Jika tidak memerlukan fitur yang memang membebani kita untuk masalah budget. Lebih baik tidak perlu menggunakan fitur-fitur tersebut.


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar