Rabu, 10 Februari 2010

3G Router Huawei E960

Menurut saya produk ini sangat berguna karena di dalam sebuah device banyak modul yang ada didalam nya. Bayangkan jika kita beli satu persatu. Berapa uang yang akan di keluarkan. Untuk sebuah HUB Switch saja untuk merk DLINK 8 port bisa sampai Rp.250.000,- sedangkan sebuah access point bisa mencapai Rp.450.000,- per unit nya.

Didalam sebuah device ini terdapat beberapa modul seperti :
  1. HUB Switch 4 port
  2. Modem dialup PSTN
  3. Modem 3.5 G GSM
  4. Access point untuk Wifi

Dari ke 4 modul tersebut sangat membuat performa device ini sangat dicari. Di Jakarta barang ini mulai mudah di dapatkan karena banyak sekali barang - barang BM (Black Market) yang berasal dari Australia masuk ke Indonesia. Seperti barang yang dijual di www.jakartanotebook.com yang merupakan device dari operator Optus di jual dengan bandrol Rp.749.000,- (Update harga tgl 10-02-2010). Beberapa bulan yang lalu saya pernah membeli dari tempat yang sama harganya masih kisaran Rp.1.4jt. Walau garansi yang ditawarkan hanya 3 bulan. Produk ini lebih baik daripada merk lain keluaran German (Tidak tahan panas dan sering hang).
Untuk produk asli nya saya sampai saat ini belum menemukan vendor nya di Indonesia (kalau ada yang tahu boleh di sharing).
Dulu device ini hanya stabil di operator telkomsel saja. Sedangkan untuk operator yang menggunakan username dan password seperti Indosatm2 sangat kesulitan untuk memakainya karena jika ingin melakukan koneksi harus melakukan telnet terlebih dahulu. Tapi karena infrastruktur operator yang ada. Semua operator besar bisa langsung dipakai tanpa ada masalah (Kecuali sinyal operator tersebut).
Kelemahan dari produk ini adalah :
  1. Slot powernya yang menggunakan port USB, kalau sudah patah harus tidak boleh banyak gerakan. Karena power tidak masuk ke 3G router.
  2. Tidak ada firewall per port atau URL dan tidak ada parent control.
  3. Adaptor jika rusak sulit didapatkan.

Tapi dari 3 kelemahan masih banyak kelebihan yang ada. Jadi menurut saya produk ini bisa menjadi pilihan koneksi anda di kantor maupun di rumah. Karena point terpenting adalah perangkat ini bisa di gunakan di semua Operating System. Karena pilihan koneksi ke CPU begitu banyak. Bisa LAN, USB maupun Wifi.




Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar