Selasa, 26 Oktober 2010

Fenomena Mikrotik

Beberapa waktu ini saya ada kesempatan untuk mendatangi kantor teman - teman lama saya untuk tukar pikiran untuk teknology yang sedang saya cari tahu.
Tapi dari hasil tukar pikiran tersebut saya menarik kesimpulan bahwa dari semua kantor teman - teman saya itu semuanya menggunakan produk Mikrotik.

Saya ingat sekali di awal tahun 2000, kantor saya memerlukan firewall yang tangguh. Sehingga kantor saya membeli perangkat firewall hardware yang harganya sampai sekitar 15.000 USD. Dan itu juga masih di batasi untu beberapa fitur. Memang cukup mahal sekali. Tapi teknology terus berputar. Sehingga kita sebagai pemakai teknology bisa melakukan pilihan yang tepat untuk kita pakai.

Memang sekarang ini banyak sekali teknology firewall yang berupa software dan open source. Tapi menurut saya memang produk mikrotik ini sangat murah dan mudah sekali di gunakan. Selain itu harganya juga cukup terjangkau. Untuk produk RB750 saja tidak sampai Rp.500.000,- sewaktu artikel ini di luncurkan.
System backup dan restore nya juga sangat mudah sekali dengan menggunakan klik and drop saja dari dekstop komputer.

Produk Mikrotik ini juga bisa melakukan banyak hal selain seperti Firewall, Routing, DHCP, forwarding service dan lain - lain. Sehingga wajar jika produk ini di minati oleh para System Administrator di perkantoran.

Manual - manual pemakaian mikrotik sangat banyak di google sekarang ini. Tinggal kita mau belajar dan menggali kemampuan kita saja untuk menggunakan produk yang luar biasa ini.


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar